Selasa, 05 Juli 2011

Gandoriah Beach, Tujuan Wisata Kota Pariaman

Gerbang Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah adalah pantai nan indah dan mempesona yang letaknya sangat  dekat dengan Kota Pariaman. Pantai ini selalu bayak didatanggi oleh pengunjung dan wisatawan. Bahkan turis atau wisatawan mancanegara pun datang ke Pantai Gandoriah untuk menikmati suasana dan pesona pantai ini. Pantai ini mempunyai pemandangan yang indah, dengan pantai yang landai diterpa ombak yang tenang, hembusan angin laut yang lembut, pasir pantai yang halus dan bersih serta deretan gugusan pulau-pulau kecil berjajar ditengah lautan yang biru yang menambah menariknya pemandangan Pantai Gandoriah di Kota Sala Lauak ini.

Pantai Gandoriah
Dari bibir Pantai Gandoriah kita bisa melihat beberapa pulau-pulau kecil yang terdiri dari:
  • Pulau Kasiak, yang terletak paling utara dari Pantai Gandoriah. Pulau ini mempunyai pasir pantainya yang bersih dan putih. Serta dihiasi pohon-pohon kelapa.
  • Pulau Angso Duo, merupakan pulau yang terdekat dan berhadapan langsung dengan Pantai Gandoriah. Dipulau ini terdapat sebuah kuburan panjang dan mushola untuk tempat beribadah.
  • Pulau Tangah, yang terletak kurang lebih  beberapa mil ke arah selatan dari Pulau Angso Duo. Di pulau ini kita dapat melihat terumbu karang dan biota laut dengan mata telanjang dengan kedalam 5 meter.
  • Pulau Ujung, yang terletak paling ujung selatan dari Pantai Gandoriah, sesuai dengan namanya pulau ujung. Di pulau ini banyak terdapat tumbuhan hutan seperti Pohon Aru dan Pohon Kelapa. Perairan di pulau ini berombak kecil.

Jalur Jalan Pantai Gandoriah
Selain itu, di pantai ini kita juga bisa menikmati dan melihat pohon-pohon cemara laut yang rindang disekitar pinggiran jalan Pantai Gandoriah. Disepanjang pinggiran Pantai Gandoriah kita juga banyak menemukan kedai Nasi Sek dan masakan khas Piaman seperti Sala Lauak, Sala Udang, Sala Cumi-cumi, Sala Kepiting, Sate Pariaman dan banyak lagi.
 Di Pantai Gandoriah juga terdapat sebuah panggung atau pentas, yang di gunakan untuk berbagai acara seperti Pentas Seni, Pergelaran Musik atau Band, Acara Keluarga dan acara lainnya. Setiap tanggal 10 Muharram di Pantai Gandoriah juga di adakan Upacara Pembuangan Tabuik tiap tahunnya, dan setiap tanggal 1 Syawal di adakan juga Pesta Pantai.

Kereta Api Wisata Kota Pariaman
Di belakang bibir Pantai Gandoriah terdapat sebuah tempat beribadah  yaitu Masjid Nurul Bahari dan Stasiun Kereta Api. Untuk menikmati keindahan Pantai Gandoriah, di Kota Pariaman setiap harinya tersedia layanan angkutan jasa Kereta Api Wisata Sibinuang dan Dang Tuanku dari Kota Padang ke Kota Pariaman atau sebaliknya. Biasanya banyak wisatawan dari Kota Padang yang ingin berwisata ke Pantai Gandoriah dengan menggunakan Kereta Api.

Senja di Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah juga tidak kalah indahnya saat mentari mulai tenggelam dan senja mulai datang, cahaya matahari yang mulai hilang membuat Pantai Gandoriah semakin indah dan menarik untuk dipandang. Pada sore hari sudah banyak pengunjung yang datang berkunjung untuk menikmati pemandangan Pantai Gandoriah ini. Selain menikmati pemandangan, banyak juga pengunjung yang berenang, bermain ombak  dan surfing di sekitar pantai ini.

Masih Penasaran Dengan Pantai Gandoriah ???? . . . .

Dan Ingin Menikmati Pemandangan dan Suasananya ???? . . . 

 Ayo . . . .  Tunggu Apa Lagi ???? . . . .

Let’s  go to Gandoriah Beach . . .. . .. . .


Dengan HUT Kota Pariaman yang ke – IX dan dengan Semangat Sabiduak Sadayuang Kita wujudkan Kota Pariaman menjadi Daerah tujuan Wisata Pantai dan Bahari nan Indah dan Islami.

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Blog Saya